Senin, 28 Januari 2013

Keluarga Kucing : Kucing – Kucing Besar


Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa, harimau,dan macan.
1. Oselat (Ocelot)
Bentuknya seperti jaguar. Panjangnya sekitar satu meter. Terdapat di hutan lebat Meksiko dan Amerika Selatan. Karena perburuan liar untuk mendapatkan bulunya, ratusan ribu oselat telah dibunuh sehingga speciesnya jauh berkurang saat ini. Mulai tahun 2008, oselat telah dimasukkan dalam daftar hewan yang harus dilindungi.



2. Puma (Cougar)
Disebut juga dengan singa gunung. Merupakan binatang yang sangat kuat. Bisa melompat lebih dari enam meter. Panjang tubuhnya sekitar dua meter. Terdapat di pegunungan, dataran rendah, gurun, dan hutan Amerika Utara dan Selatan. Binatang ini juga termasuk dalam daftar perlindungan. Bahkan beberapa negara secara hukum seperti Argentina, Brazil, Bolivia, Chile, Colombia, Costa Rica, Guyana Prancis, Guatemala, Honduras, Nicaragua, Panama, Paraguay, Suriname, Venezuela, dan Uruguay telah melarang perburuan terhadap binatang ini.


3. Jaguar
Panjangnya sekitar 1,4 meter. Binatang ini pandai memanjat dan berenang. Tinggalnya di dekat sungai dalam hutan lebat Amerika Tengah dan Selatan. Perdagangan internasional terhadap jaguar maupun bagian – bagian tubuhnya dilarang oleh beberapa negara dengan kekuatan hukum seperti di Argentina, Belize, Colombia, Guyana Prancis, Honduras, Nicaragua, Panama, Paraguay, Suriname, Amerika Serikat, Uruguay dan Venezuela.


4. Jaguarundi
Panjangnya sekitar 56 hingga 76 sentimeter. Binatang ini terdapat di dekat perairan bagian selatan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Santapannya berupa binatang perairan dan binatang darat kecil.


5. Macan Tutul
Merupakan pemanjat dan perenang ulung sehingga dikenal juga dengan julukan harimau dahan. Tinggalnya di Asia dan Afrika. Ukurannya lebih kecil daripada harimau. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Jenisnya bermacam – macam. Mulai dari coklat kemerahan hingga hitam. Macan tutul hitam disebut juga macan kumbang. Indonesia memiliki satu jenis macan tutul yang merupakan fauna identitas Jawa Barat yang sudah terancam punah, yakni macan tutul jawa.


6. Harimau
Merupakan anggota paling besar di keluarga kucing. Tubuhnya bisa sepanjang 2,8 meter. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam hal berlari, setelah cheetah.  Di antara subspesies yang masih hidup, Harimau Sumatera adalah yang paling kecil dan Harimau SIberia adalah yang paling besar. Harimau dapat ditemukan di Irak, Siberia, Korea, India, Malaysia,dan Indonesia.


7. Singa
Sering disebut “Raja Hutan”. Hidup di daerah terbuka Afrika Timur dan sebagian India. Panjangnya sekitar 1,5 hingga tiga meter.Singa hidup berkelompok. Kelompok singa ini disebut puak. Singa jantan memiliki rambut lebat di sekitar kepala. Anak singa memiliki bercak – bercak. Setelah dewasa, bercak itu akan hilang. Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cheering Line Smiley