Senin, 28 Januari 2013

Robot Yang di Takuti Manusia

Makin banyak saja robot tercipta oleh manusia, sebut saja Roomba atau Asimov. Memang belum mengerikan seperti Terminator atau robot-robot lain yang digambarkan di film fiksi ilmiah.  Namun ada saja sejumlah ketakutan dari sebagian kalangan akan kehadiran robot. Kalangan ini disebut sebagai “paranoid android”. Mereka khawatir kelak robot akan mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Apa saja yang ditakutkan oleh kalangan ini? Berikut ada 5 hal yang dikhawatirkan oleh para paranoid android ini:
 


1. Robot mencuri hati kita
Robot tak perlu merebut perhatian manusia dengan cara paksa. Manusia lah yang jatuh hati pada mereka, berkat tampilannya yang unik, antik, bahkan lucu dan cantik atau gagah. Bahkan banyak juga robot yang sengaja dibuat menyerupai manusia, sampai memiliki ekspresi emosional.
2. Manusia sungguhan jatuh cinta pada robot
Agak sulit memang membayangkannya, manusia jatuh cinta pada robot. Namun fenomena ini mulai berkembang, dengan makin banyaknya orang mudah terlibat dalam hubungan online. Baik itu berhubungan akrab atau hangat melalui internet, maupun dalam games online multiplayer masif. Padahal mereka tidak tahu apakah lawan chat atau lawan mainnya adalah manusia atau hanya program komputer. Bayangkan jika ada robot yang memiliki penampilan dan suara menyerupai manusia, dalam bentuk sangat menarik. Bukan tak mungkin manusia kesepian bisa jatuh cinta pada mereka dan tak lagi membutuhkan manusia lain.
3. Robot mengambil alih pekerjaan kita
Ini adalah yang paling mendekati fakta saat ini. Pabrik-pabrik modern sudah banyak memakai robot untuk memproduksi, tidak lagi terlalu banyak melibatkan manusia. Sejumlah pekerjaan berbahaya sudah diambil alih robot. Pengusaha juga lebih menyukai robot, sebab mereka tidak banyak menuntut, tidak berulah, tidak malas, atau emosional. Jika semua pengusaha berpikir begitu, maka akan semakin banyak manusia menganggur.
4. Robot membunuh manusia
Penggunaan robot untuk perang memang masih marak di film fiksi ilmiah. Namun kelamaan di dunia nyata akan terjadi jua. Perang antara Amerika dengan Irak di Afganistan disebut-sebut sudah menggunakan sejumlah pesawat tempur otomatis yang dioperasikan robot. Skenario Terminator sudah mulai dipakai dalam sejumlah perang oleh negara maju. Jika demikian maka bukan hal mustahil kelak ada robot-robot pembunuh manusia saat perang.
5. Punya keturunan robot
Jika manusia bisa jatuh cinta pada robot, maka bukan tidak mungkin kelak manusia lebih suka menciptakan robot sebagai pengganti keturunan. Sudah dikembangkan sejumlah organ tubuh tiruan manusia, seperti mata bionik, limpa artifisial, dan seterusnya. Kelak robot makin menyerupai manusia, sehingga dapat menjadi “teman” yang ideal. Manusia yang enggan melalui proses reproduksi akan dengan mudah memesan robot untuk mengurus diri mereka di masa tua kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cheering Line Smiley